Jenis-Jenis Penyakit Yang Harus Diketahui

Image

Jenis - jenis penyakit yang ada sekarang ini banyak sekali jumlahnya. Mungkin teman - teman juga sering melihat di televisi, adanya kaus - kasus penyakit langka yang belakangan ini muncul. Kumpulan artikel ini menguraikan jenis - jenis penyakit yang mungkin di antaranya sudah pernah dialami oleh teman - teman semua. Manusia yang menderita berbagai jenis penyakit inipun terbilang beragam dan semua umur dapat berpotensi untuk mengalami sakit.

Jenis - jenis penyakit yang dialami oleh sebagian masyarakat perlu kita ketahui dan kita pelajari agar kita dapat mengetahui penyebabnya dan segera diberikan perawatan dokter apabila telah mengalami sakit. Dengan demikian kita dapat melakukan usaha pencegahan agar jenis penyakit tersebut tidak menyerang kita.

Jenis - jenis penyakit secara garis besar dapat digolongkan ke dalam empat kategori barikut ini :

  1. Jenis penyakit kategori kronis, misalnya jantung, kanker, aids
  2. Jenis penyakit kategori penyakit langka misalnya phenylketonuria ( PKU ), asidosis tubulus renalis, multiple sclerosis, citrulinemia fabry disease
  3. Jenis penyakit kategori bukan penyakit menular, misalnya sariawan, sakit perut, sakit maag, sakit gigi, keracunan makanan, ketergantungan obat terlarang.
  4. Jenis penyakit kategori penyakit menular, misalnya demam berdarah, chikungunya, kudis, kolera, kurap, lepra, hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, diare, disentri, tetanus, influenza dan malaria.

Jenis - jenis penyakit di atas mempunyai penyebab, gejala dan cara perawatan yang berbeda - beda, setiap gejala yang tidak biasa yang kita alami ada baiknya kita konsultasikan kepada dokter, karena perawatan dini lebih mudah dilakukan dari pada penyakit akan bertambah parah dan sulit untuk disembuhkan. Adanya kasus - kasus penyakit yang terjadi di sekitar kita mungkin dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup sehat dan mempelajari cara hidup sehat.