STETHOSCOPE

Image

Ini merupakan alat kesehatan yang mutlak harus dimiliki oleh dokter dan tenaga kesehatan yang lain. Alat ini digunakan untuk mendengarkan bunyi yang timbul dari dalam rongga tubuh  yang akhirnya digunakan sebagai dasar untuk mempelajari serta mendeteksi penyakit pasien.

Tenaga profesional kesehatan biasanya menggunakan stetoskop untuk auskultasi, atau mendengarkan suara dari organ dalam tubuh. Meskipun teknologi dasarnya relatif sederhana, stetoskop merupakan alat diagnostik yang sangat bermanfaat, non invasif, serta aman.

Signifikansi

Seorang profesional kesehatan yang terlatih menggunakan stetoskop bisa mengetahui kondisi kesehatan pasien hanya dengan mendengarkan suara jantung, paru-paru, perut, maupun organ-organ lain.

Penggunaan

Stetoskop mampu mengindikasikan apakah fungsi organ tubuh pasien normal atau abnormal. Beberapa stetoskop dirancang khusus untuk memonitor suara kerongkongan, denyut jantung janin, maupun aliran darah.

Jenis Stetoskop

Stetoskop binaural merupakan stetoskop yang dirancang bisa didengar menggunakan kedua telinga, sedangkan stetoskop tunggal hanya untuk satu telinga.

Stetoskop diferensial memungkinkan penggunanya untuk membandingkan suara di dua lokasi berbeda. Ada pula stetoskop elektronik yang bisa memperkuat suara yang dihasilkan organ tubuh yang diperiksa.

Penggunaan saat Operasi

Beberapa stetoskop harus ditempatkan langsung pada kulit pasien, sedangkan yang lainnya bisa di atas baju yang dipakai pasien.

Stestoskop dengan dua bel memungkinkan pengguna membedakan suara bernada rendah pada satu sisi dan suara bernada tinggi pada sisi lain.

Tekanan Darah

Tenaga profesional kesehatan menggunakan stetoskop bersama dengan sphygmomanometer (tensimeter, alat pengukur tekanan darah) untuk mendengarkan adanya aliran darah pada pembuluh arteri saat mengukur tekanan darah pasien