Penyakit Autoimun

Image

Penyakit Autoimun adalah penyakit  yang disebabkan respon system kekebalan tubuh atau antibody yang menyerang sel sendiri. Anti bodi yang biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi penyakit, pada kasus ini antibody gagal membedakan sel sendiri dan sel asing dari luar, sehingga akhirnya menyerang sel sendiri.

Ini dapat dibatasi pada organ tertentu, misalnya autoimun pada kulit. Penyakit autoimun pada kulit dapat didiagnosa berdasarkan keluhan penderita, gejala, hasil pemeriksaan sitologi dan mikrobiologi yang negative dari jamur dan bakteri. Terpi penyakit autoimun kulit  biasanya dengan mengontrol efek peradangan yang ditimbulkan atau dengan mengontrol penyebab respon system autoimun.

Beberapa obat yang diberikan pada penderita autoimun kulit biasanya Glukokortikoid (prednisone dan prednisolon), Sitotoksisk, Azathioprine, Krisoterapi, Siklosporin, Tetrasiklin, Doksisiklin, Niasinamid

Penyakit Autoimun (2)

Penyebab penyakit autoimun mungkin termasuk mimikri molekul, atau kehadiran sel-sel janin dalam aliran darah ibu, yaitu microchimerism, dan infeksi dengan beberapa virus dan bakteri.

Penyakit Autoimun (1)