Gejala Penyakit Gastritis

Image

Gastritis adalah erosi pada lambung yang  diakibatkan oleh adanya  peradangan atau infeksi  virus Helicobacter pylori, Pemakaian obat penghilang rasa nyeri secara terus menerus,  mengkonsumsi minuman beralcohol, Penggunaan kokain, kelainan autoimmune,  trauma fisik, stress, pola makan yang tidak teratur dan sebagainya.

Gejala Penyakit Gastritis:

  1. Perih
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kembung
  5. Sebah
  6. Selera makan menurun
  7. Turunnya berat badan secara drastic

Pengobatan Gastritis:   

  1. Antasida untuk menetralisir asam lambung dan dapat menghilangkan rasa sakit akibat asam lambung dengan cepat.
  2. H2 antagonis seperti ranitidine, cimetidine, nizatidine, and famotidineyang berfungsi untuk mengurangi jumlah asam lambung yang diproduksi.
  3. omeprazole, lansoprazole, rabeprazole dan esomeprazole untuk  menghambat kerja H. pylori.
    Penghambat pompa proton mengurangi asam dengan cara menutup kerja dari pompa – pompa dari sel – sel di lambung yang menghasilkan asal lambung.
  4. Sucraflate dan Misoprostol  untuk melindungi jaringan-jaringan yang melapisi lambung dan usus kecil.

Gejala Penyakit Gastritis

 

Mengobati gastritis secara integral harus melibatkan pengaturan pola hidup, pola makan dan manajemen stress pada penderita gastritis. Tujuan pengobatan gastritis adalah menetralkan asam lambung, mengurangi pengeluaran asam lambung, mengurangi gejala-gejala akibat iritasi lambung, memperbaiki kondisi dinding lambung yang rusak akibat iritasi lambung dan meningkatkan aliran darah ke lambung. Disamping itru olahraga juga memegang peranan penting dalam proses penyembuhan sakit gastritis.